Minggu, 20 Desember 2009

CHINA RAKSASA EKONOMI ASIA TIMUR

China membuat decak kagum di dunia internasional. Secara gemilang tampil menjadi raksasa ekonomi di asia timur. Bagaimana tidak Negara Amerika dan Eropa mulai goyah akibat mendapat pesaing tangguh.

China meraup sukses dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 10% per tahunnya, suatu pencapaian yang sangat fantastis pada 2006 silam. Selain itu pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat China juga mampu mengangkat derajat kemiskinan.

Pertumbuhan ekonomi china juga dibarengi dengan dengan baiknya kualitas pendidikan. Negrei tirai bambu bertumpu dengan 3 kebijakan pokok yaitu pertama, kualitas pendidikan melalui perbaikan mutu sekolah agar sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Kedua, mendayagunakan sumber daya yang sangat effisien. Ketiga, memperluas akses lapangan kerja hingga ke daerah-daerah terpencil.

Mungkin Indonesia dapat meniru kebijakan pendidikan seperti di China. China dengan penduduk 1,3 miliar mampu tumbuh ekonomi dengan fantastis. Pemerintah Indonesia juga harus banyak belajar dari Negara China karena dengan kerja keras pemerintah China mampu tumbuh pesat perekonomiannya.

Tidak ada komentar: