Hampir semua orang merasa kesulitan untuk mengatur keuangan. Khususnya para karyawan yang digaji tiap bulan. Dibulan awal gajian para karyawan mungkin tidak tidak terasa kesulitan dengan masalah keuangannya, akan tetapi di pertengahan atau akhir bulan mungkin para karyawan binggung dengan kantong keuangannya sudah menipis.
Ada beberapa tips untuk mengatur keuangan yang anda derita:
Melakukan rencana keuangan
Pada saat gajian pada awal bulan lakukanlah perencanaan keuangan dengan cara membagi-bagi dan memasukkannya uang itu kedalam amplop untuk kebutuhan primer seperti uang belanja bulanan, uang transport, uang sekolah, listrik, telepon, PAM, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk agar lebih jelas dan tertata uang kita yang akan kita gunakan. Yang terpenting anda harus mematuhi anggaran yang anda buat sendiri.
Menabung pada saat mulai gajian
Untuk poin kedua ini jangan terlalu dipaksakan untuk menabung secara besar-besaran akan tetapi kita minimal harus menabung sebesar 10% dari gaji kita.
Memasukkan uang sisa ke celengan
Jika anda belanja dan mempunyai uang sisa dari belanja itu maka yang kita harus lakukan yaitu memsukkan uang sisa kedalam celengan. Jika celengan terasa berat maka yang kita harus lakukan yaitu mengeluarkan celengan tersebut dan pindahkan uang celangan ke bank atau membeli emas.
Simpan kartu kredit
Walaupun keberadan kartu ini sering menggoda kebiasaan Anda berbelanja, kartu ini tetap berguna di saat-saat darurat seperti ketika harus ke rumah sakit di saat malam buta sementara tidak ada mesin ATM di sekitarnya.
Sumber: http://kumpulantipspilihan.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar